Menstrual Pad vs Menstrual Cup

Heyho guys! Siapa disini yang masih pakai pembalut plastik? 

Gue adalah salah satu yang sudah tidak menggunakan pembalut plastik. Alasan pertama yaitu gue suka alergi. Bisa muncul ada banyak bintik merah dan juga gatel. Kedua, suka lecet dibagian pantat. Mungkin karena bahannya plastik, lalu basah ada darahnya, dan kena gesekan ke kulit. Beberapa waktu gue suka lecet dan itu sakit banget sis.

Kalo kata orang emang pakai pembalut itu cocok-cocokan dan kebetulan gue sudah coba semua pembalut dan tetep terjadi iritasi. Akhirnya gue menyerah dan disini permulaan gue menggunakan menstrual pad dan menstrual cup.

MENSTRUAL PAD

Tahun 2018 gue mengeluh ke kakak gue yang perempuan. Fyi, kakak gue sudah 5 tahun pakai menstrual pad dan akhirnya mencoba untuk rekomendasi ke gue. Akhirnya dengan keberanian diri, gue mencoba beli 4 buah menstrual pad, 2 yang jenis night dan 2 yang jenis day.

Source: Google. Day yang seperti sebelah kanan dan Night yang panjang.

Gue mencoba selama 2 hari aja karena ternyata dengan blood flow gue yang heavy, engga cukup kalau cuman 4 haha. Kesan pertama, nyaman! Iya nyaman! Kalau pakai pembalut plastik, pasti kita sangat berasa banget dan sadar bahwa kita sedang pakai pembalut. Gue akhirnya membeli kembali dan total gue punya menstrual pad 8, 4  yang jenis night dan 4 yang jenis day sudah sangat cukup.

Pakai menstrual pad ini sama dengan pembalut plastik. Apabila sudah penuh maka harus cepat diganti ya. Karena so far belum ada pembalut anti bocor banget nih.

How to use menstrual pad ini cukup sederhana dan tidak berbeda dengan pembalut plastik. Namun setelah dipakai langsung dicuci ya! Gue sendiri langsung kucek pakai tangan dan dijemur dibawah sinar matahari.

Kalau berpergian gimana? Mudah! Gue bawa ganti menstrual pad dan pouch untuk tempat menstrual pad yang belum dicuci agar tidak amis saat dimasukan tas. Lalu sampai rumah pastikan untuk langsung dicuci ya. Pengalaman gue dalam kurun waktu 12 jam harus segera dicuci.

Sebuah tips and tricks juga nih, saat musim hujan tiba, menstrual pad gue susah banget keringnya karena mataharinya sedang ngumpet dibalik awan. Nah gue mengakali untuk pakai mesin cuci hanya untuk "mengeringkan" bukan mencuci ya. Lumayan kan sudah setengah kering tinggal lebih sering diangin-anginkan lalu tadaaaa kering!

Saran brand: Baby Oz, Cluebebe, GG. Range harga IDR 25,000 - IDR 40,000

MENSTRUAL CUP

Tahun 2021 ini gue akhirnya penasaran setelah testimoni menstrual cup dimana-mana ada. Gue putuskan setelah 3 bulan research, yap, gue beli! Gue beli size S.

Source: Google. Menstrual Cup.

Kesan pertama pas gue pakai, ya kayak orang-orang bilang "Kayak gak pakai apa-apa", "Bebas bergerak!" Ini sangat setuju banget. Dari segi pemakaian dari menstrual cup ini yang harus dimasukan ke vagina agar menutup darah turun dari rahim, ya jelas seperti tidak pakai pembalut.

How to use menstrual cup ini gue hanya berpesan, relax and know more about your body, explore more! Caranya adalah menstrual cup di folded atau dilipat, gue lebih suka yang tipe punch down, lalu dimasukan menstrual cup nya ke vagina. Pelan-pelan aja, relax

Source: Google. Ways to folded menstrual cup.



Source: Google. How to Use Menstrual Cup.

Tips dari gue! Pastikan lipatan dari menstrual cup ini jangan sampai terbuka sebelum semua cup nya masuk ke dalam vagina. Apabila kebuka biasanya akan buat gak nyaman dan malahan gak bisa masuk. Biasanya kan kalian pegang lipatan di ujung atas, nah setelah setengah sudah masuk, pindahkan jari kalian ke ujung bawah. Nanti setelah semua sudah masuk, gue biasanya pastikan dia masuk lebih dalam lagi agar stem (ujung yang panjang dari menstrual cup) ini gak keluar dari vagina, alias semua masuk. Lagi-lagi balik ke pernyataan awal, explore more about your body. Jangan takut untuk buat dia masuk lebih dalam ya. Pastikan kalian sudah cuci tangan terlebih dahulu. And voila, selamat anda sudah bisa memakai menstrual cup! Uyeeee.

Nah buat gue, concern gue sebenarnya bukan "memasukan" tapi lebih "mengeluarkan". Karena gak banyak orang yang bahas tenang how to take menstrual cup out! Gue biasanya pakai cara punch down fold karena ini bisa digunakan pakai satu jari terlebih dahulu, lalu ketika sudah hampir sampai di bibir vagina, pakai 2 hari agar darah menstruasinya gak tumpah atau spilling. Lalu buang darahnya dan cuci dengan air bersih, ulangi step pemakaian menstrual cup lagi deh.
Source: Google. How to Take Out Menstrual Cup.


Apakah dengan menggunakan menstrual cup ini menghindari tembus atau bocor? Oh tidak! Karena menstrual cup ini ada daya tampung, apabila sudah penuh maka dia akan mengalir ke vagina alias bocor sis. Nah biasanya gue sendiri untuk hari pertama menstruasi akan mengeluarkan menstrual cup setiap 3 jam sekali,

Saran brand: Girls Menstrual Cup. Harga IDR 159,000

Sekiaaaan review menstrual pad vs menstrual cup. Kalian bisa gunakan sesuai kebutuhan saja ya. Tapi yang jelas dengan kita menggunakan menstrual cup atau menstrual pad, kita udah gak perlu keluar biaya perbulan untuk beli pembalut plastik dan mengurangi pencemaran sampah plastik.

Comments

Popular Posts